Kamis, 26 Juni 2014

Liburan ke Trawangan (1)





 
Gili Trawangan/fathul


 
Yang Perlu Diketahui

*      Luas Gili Trawangan kurang lebih 333 Ha
*      Jumlah cidomo di Trawangan 33 buah
*      Ongkos cidomo Rp 50.000 – Rp 150.000, khusus untuk rute mengelilingi Gili Trawangan (7,5 km) jumlah penumpang maksimal 3 orang.
*      Tarif bersepeda Rp 25.000 – Rp 50.000 sampai puas
*      Sewa alat selam plus pendamping Rp 700.000/jam
*      Sewa kuda tunggangan Rp 350.000/jam
*      Tidak ada satu pun kendaraan bermotor di Gili Trawangan maupun di Gili Meno dan Gili Air.


 


GILI TRAWANGAN merupakan salah satu dari tiga gili (pulau kecil) yang ada di desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang,  Kabupaten Lombok Utara. Dua gili lainnya adalah Gili Air dan Gili Meno. Trawangan memang paling terkenal diantara ketiga gili tersebut. Kunjungan wisatawan baik mancanegara maupun lokal paling banyak ke Gili Trawangan.

Untuk sampai ke Trawangan bisa melalui dua rute, yaitu Pelabuhan Bangsal Desa Pemenang Barat. Dari pelabuhan Bangsal, bisa menaiki perahu yang populer disebut public boat. Dari pelabuhan Bangsal ke Trawangan bisa ditempuh dalam waktu 20-30 menit. Tiket untuk public boat relatif murah Rp 12.000 untuk satu kali trip.

Selain public boat melalui pelabuhan Bangsal, bisa juga mencarter perahu atau pun speed boat. Lokasi carteran ini paling banyak di Teluk Nare Desa Malaka, paling terkenal pelabuhan Bounty. Beberapa penginapan besar di Gili Trawangan juga menyediakan speed boat khusus bagi tamu mereka seperti Vila Ombak. Untuk carter perahu dari Teluk Nare ke Trawangan Rp 350 ribu – Rp 600 ribu.



Trawangan oh Trawangan…..

‘’Keren banget pantainya,’’ komentar Nacita, putri artis Dedi Mizwar saat berlibur ke Trawangan. Bersama tiga orang temannya, presenter salah satu TV swasta nasional ini berlibur selama 3 hari. Dara berparas ayu ini mencoba hampir seluruh fasilitas rekreasi di Trawangan.

Selain adanya larangan menggunakan sepeda motor, bersepada di Trawangan bisa menjadi hiburan. Menikmati jalur Trawangana sambil melihat pantai nan indah. Suasana yang bersahabat membuat kegiatan bersepeda menjadi menyenangkan di Trawangan.

Sepeda juga mejadi alat transportasi utama warga di Gili Trawangan. Sepeda juga menjadi bisnis besar di Gili Trawangan. Banyak bermunculan usaha penyewaan sepeda. Harganya bersahabat Rp 25.000, bersepeda hingga puas.

Selain sepeda, cidomo (angkutan yang ditarik dengan kuda) juga menjadi alat transportasi di pulau berpasir putih ini. Hanya dengan Rp 150.000 sudah bisa menikmati keliling Gili Trawangan. Tapi bagi yang ingin foto-foto di beberapa lokasi, direkomendasikan menyewa sepeda. Lebih gampang kalau berhenti.

Bagi yang ingin merasakan menjadi koboi, ada penyewaan kuda di Trawangan. Tarifnya lumayan, Rp 350.000 per jam untuk setiap ekor kudanya. Bagi yang baru menunggang kuda tidak perlu khawatir, ada ‘’pawang’’ yang mengawal. Kuda-kuda biakan Australia itu juga sudah jinak.

Nah, kecantikan sebenarnya Gili Trawangan ada di dasar lautnya. Terumbu karang yang indah dengan ikan-ikan cantik menari diantara karang menjadi daya pikat laut Gili Trawangan. Bagi penyelam amatir atau belum pernah menyelam sama sekali tidak perlu takut untuk mencoba sensasi bawah laut Gili Trawangan. Tempat penyewaan alat penyelaman biasanya memberikan pendampingan khusus. Dengan Rp 700.000 rasanya puas untuk menyelami keindahan Trawangan. (*)



0 komentar:

Posting Komentar